Visitasi Akreditasi Prodi PAI STIT Sunan Giri Bima

Visitasi Akreditasi Prodi PAI STIT Sunan Giri Bima

Category : Kronik

Syukri Abubakar. Pelaksanaan visitasi akreditasi Prodi PAI STIT Sunan Giri Bima baru saja selesai beberapa jam yang lalu. Acara visitasi ini dimulai pada pukul 09.00 yang diawali dengan sambutan ketua STIT Sunan Giri Bima kemudian dilanjutkan dengan sambutan Tim Asessor BAN-PT Dr. Sembodo Ardi Widodo, M.Ag. dan Prof. Dr. Hasan Asari, MA.
Dalam sambutannya, Ketua STIT Sunan Giri Bima Drs. H. Mustafa H. M. Ali, M.Pd.I.
mengucapkan selamat datang kepada Tim Assesor BAN-PT di kampus STIT Sunan Giri Bima dan menyampaikan banyak terima kasih atas kedatangan Tim Assesor kali ini karena Assesor dapat melihat langsung keberadaan kampus STIT Sunan Giri Bima.
Selanjutnya beliau menginformasikan bahwa Prodi PAI STIT Sunan Giri Bima pada tahun 2010 lalu telah diakreditasi dengan mendapatkan nilai B, harapannya, mudah-mudahan hasil visitasi kali ini bisa mendapatkan nilai yang sama.
Dr. Sembodo dalam sambutannya menjelaskan bahwa saat ini ada kebijakan baru BAN-PT terkait akreditasi. Bagi PT yang sebelumnya nilai akreditasinya B lalu borangnya dinilai B, maka PT tersebut tidak divisitasi. Jika nilai Borangnya A atau mendekati A, maka akan divisitasi untuk verifikasi data. Jika nilai Borangnya C, maka akan divisitasi untuk mengetahui kenapa bisa mendapatkan nilai C. Apakah pengisian Borangnya tidak lengkap atau memang kenyataan di lapangan seperti yang ditulis dalam Borang itu. 
Sementara Prof. Hasan Asari, MA. menanggapi harapan ketua STIT Sunan Giri Bima agar pada visitasi kali ini bisa mendapatkan akreditasi B sebagaimana lima tahun sebelumnya, beliau mengungkapkan bahwa semua lembaga yang akan diakreditasi harapannya ingin mendapatkan nilai yang bagus, tidak ada yang mengharapkan nilai yang rendah. Maka beliau katakan bahwa tugas assesor adalah hanya mengumpulkan data sesuai dengan Borang yang dikirim ke BAN-PT. Kedatangannya saat ini adalah untuk memverifikasi data-data yang disampaikan di Borang tersebut, apakah valid sesuai dengan kenyataan yang dijalankan di kampus ini atau masih banyak data yang belum dimasukkan dalam Borang yang dikirim sehingga perlu menggali informasi lebih mendalam dalam rangka menambah nilai akreditasi kampus ini.
Jadi, nilai itu papar beliau, tergantung dari hasil verifikasi data yang akan ditanyakan oleh tim Asesor. Harapannya jangan sampai memberikan data palsu yang tidak sesuai dengan kenyataan yang terjadi di lapangan, karena kita sama mengetahui bahwa memberikan data palsu itu dilarang oleh ajaran agama kita.
Mengakhiri acara pembukaan ini, pengurus Yayasan Pendidikan dan Pondok Pesantren Darut Tarbiyah Bima Drs. H. M. Saleh Isma’il memberikan informasi bahwa lulusan STIT Sunan Giri Bima ini memilki kemampuan yang cukup baik dalam hal mengajar. Bukan memuji lulusan STIT, tapi kenyataannya memang seperti itu, tambahnya. Beliau mencontohkan di sekolah-sekolah yang ada di bawah payung Yayasan Islam Bima didominasi oleh lulusan STIT Sunan Giri Bima dan menurut informasi yang diperolehnya bahwa kualitas guru lulusan STIT Sunan Giri Bima sangat memuaskan. Oleh sebab itu, mutu lulusan seperti ini perlu dipertahankan dan ditingkatkan lagi untuk alumni-alumni berikutnya. Terakhir beliau berpesan agar perguruan tinggi agama seperti STIT ini perlu menggalakkan penguasaan bahasa Arab, karena jika kemapuan bahasa Arab ini diabaikan maka siapa lagi yang akan memahami al-Qur’an jika bukan lulusan perguruan tinggi agama. Oleh sebab itu, sekali lagi beliau menghimbau agar pengajaran mata kuliah bahasa Arab perlu ditingkatkan.

Kota Bima, 5 Desember 2014

Leave a Reply