UAS Ganjil telah usai, PPL dan Penerimaan MABA 2015 menanti

UAS Ganjil telah usai, PPL dan Penerimaan MABA 2015 menanti

Category : Kronik

Syukri Abubakar. Alhamdulillah UAS Ganjil tahun akademik 2014/2015 yang dilaksanakan pada tanggal 5 s/d 10 Januari 2015 telah usai. Secara umum, pelaksanaan UAS kali ini berjalan sesuai rencana dan cukup baik. Pengiriman soal dari dosen yang tepat waktu, copy soal oleh panitia yang cekatan, pengawas UAS yang sesuai jadwal, konsumsi memuaskan, bahkan pengawasnya lebih banyak yang hadir di kampus  dibandingkan dengan UAS-UAS kemarin yang seringkali kekurangan pengawas dan yang terakhir, untuk menghilangkan kepenatan dan menumbuhkembangkan kebersamaan dan keakraban, panitia mengajak refreshing ke kolo untuk sekedar mandi laut dan bakar-bakar ayam.
Namun demikian, ada beberapa hal yang seharusnya berjalan sesuai ketentuan tapi tidak bisa dijalankan karena satu dan lain hal. Tunjuk misal, seharusnya semua mahasiswa memiliki kartu ujian sebagai persyaratan mengikuti UAS tapi karena mereka beralasan, saat ini tidak bisa memenuhi administrasi tersebut, panitia tidak bisa berbuat apa-apa yang pada akhirnya membiarkan mereka ikut UAS sampai hari terakhir. Akibatnya, seharusnya dana itu untuk pembayaran fotokopy soal UAS, pembayaran HR panitia dan dosen, konsumsi dan kebutuhan UAS lainnya, akan sedikit tertunda atau lembaga menyiapkan dana taktis lainnya untuk memenuhi itu semua. Harapannya kepada mahasiswa yang belum memenuhi kewajibannya agar segera memenuhinya karena kalau tidak dilunasi secara bertahap, maka akan menumpuk-numpuk sehingga berjumlah jutaan sehingga nantinnya akan kesulitan untuk membayarnya. Contoh yang kedua adalah adanya mahasiswa yang tidak bisa atau terlambat mengikuti UAS karena alasan sakit dan terhambat transportasi. Bagi mereka ini, panitia memberikan dispensasi untuk mengikuti UAS susulan.

Pada minggu-minggu ini, panitia PPL yang digawangi oleh Ahmad Syagif HM., M.Pd. dan Hermawansyah, M.Pd,I selaku sekretaris, tengah sibuk menyiapkan  administrasi surat menyurat yang ditujukan kepada Kemenag dan Dikpora Kota dan Kabupaten Bima, Dompu, Labuan Bajo agar diberi ijin untuk penempatan mahasiswa PPL di setiap sekolah yang telah ditentukan oleh panitia. Diharapkan minggu ini, surat tersebut sudah ada balasannya agar segera diantar ke lokasi sekolah masing-masing mahasiswa PPL.
Pada Sabtu, 17 Januari 2015 panitia PPL akan mengadakan pembekalan PPL sekaligus pelepasan mahasiswa PPL PAI. Pembekalan itu hanya berlangsung sehari untuk mempertegas kembali hal-hal yang berkaitan dengan proses belajar mengajar di sekolah SMA/MA yang akan dijadikan lokasi PPL mahasiswa. Di samping itu, akan dijelaskan juga format pelaporan hasil PPL yang telah dilakoni selama dua bulan itu, untuk dinilai oleh guru pamong dan dosen pembimbing. Pada keesokan harinya, dosen pembimbing akan mengantar mahasiswa peserta PPL tersebut ke lokasinya masing-masing.
Selamat berjuang untuk kawan-kawan mahasiswa PPL. Gunakan kesempatan anda yang langka ini sebaik-baiknya untuk belajar bagaimana caranya menjadi guru yang professional itu. Pelajari cara membuat administrasinya, pelajari cara mengajarnya, cara membuat evaluasi dan lain-lain sehingga sepulang dari PPL anda benar-benar menjadi guru professional sebagaimana yang diharapkan.
Selanjutnya yang tidak kalah pentingnya adalah kesiapan panitia MABA 2015 dalam rangka meraup mahasiswa baru PAI, PGMI, dan PBA sebanyak-banyaknya. Bagaimana seharusnya strategi panitia MABA 2015 dalam menjual, menpromosikan dan mensosialisasikan Kampus Hijau ke masyarakat?. Apa kira-kira langkah yang diambil?  Apakah masih dengan gaya lama melalui brosur, spanduk, baliho ukuran kecil satu meter persegi, turun berkunjung ke setiap sekolah, diskon spp 1 semester, diskon dana pendaftaran, via sms, via facebook, via Koran, via radio, via medsos online atau ada gebrakan baru???. Misalnya mengaktifkan dan memperkenalkan web www.stitsunangiribima.ac.iddi kalangan masyarakat dengan pendaftaran online, menggerakkan ALUMNI yang sudah mencapai sekian ribu orang itu untuk membantu sosialisasi kampus, atau bekerjasama dengan kemenag Kota dan Kabupaten, dikpora kota dan kabupaten atau apalagi…..!
Mohon masukan kawan-kawan untuk pengembangan Kampus Hijau ke depan untuk dirapatkan pada besok senin. Trims.
Wallahu a’lam
Kota Bima, Minggu, 11 Januari 2015   

Leave a Reply