Upaya panitia menarik minat calon MABA 2015

Upaya panitia menarik minat calon MABA 2015

Category : Kronik

Untuk mensosialisasikan kampus hijau ini di tengah-tengah masyarakat, panitia mengupayakan berbagai macam cara agar informasi ini dapat tersampaikan dengan apik. Langkah pertama yang telah panitia lakukan adalah membentuk Ikatan Alumni STIT Sunan Giri Bima yang diketuai oleh Adiman, S.Pd.I dan Ady Supriadin, S.Pd.I. sebagai sekretarisnya. Panitia meyakini dengan adanya wadah ikatan Alumni ini, alumni dapat berbuat banyak demi pengembangan kampus hijau menjadi kampus yang terpandang di kota Bima.  

Langkah kedua dengan melakukan safari ke sekolah-sekolah baik yang bernaung di bawah payung Kemenag maupun Kemendikdasmen. Sekolah MIS/MIN, MA/MAN dan SMA/SMAN menjadi tujuan utama safari. MIS/MIN dikunjungi berkaitan dengan guru-guru kelas yang mengajar disana. Menurut aturan, guru-guru kelas di MIS/MIN itu harus berijazah S1 PGMI. Kalau berijazah selain itu, maka mereka akan mengajar sesuai dengan ijazahnya alias tidak bisa menjadi guru kelas. Nah, mereka inilah yang disasar oleh panitia untuk disampaikan informasi mengenai keberadaan prodi PGMI di kampus STIT.
Untuk mewujudkan langkah kedua itu, pada hari ini sabtu, 14 Februari 2015 turun ke sekolah-sekolah sebagaimana yang disebut di atas. Panitia membagi lokasi safari menjadi empat jalur. Jalur pertama, kecamatan Ambalawi dan Wera yang dikoordinir oleh Kaprodi PBA bapak Ahmad Syagif, didampingi Pak Herman dan Pak Yasser Amry. Jalur kedua, kecamatan Wawo, Sape dan Lambu saya dan pak Iwan Sadarudin. Palibelo, Belo dan Langgudu sebagai jalur ketiga dikomandani oleh puket II Bapak Drs. H. M. Saleh Ishaka ditemani oleh Ibu Suryani dan Pak Aminullah. Sedangkan jalur ke empat, kecamatan Woha, Monta dan Parado dipimpin oleh kaprodi PGMI Pak Irwan J., didampingi pak Arif dan bung Erik. Untuk jalur-jalur berikutnya, yakni kecamatan Bolo, Donggo, Madapangga, Kota Bima dan Dompu akan kunjungi sesegera mungkin.
Promosi kali ini bertujuan untuk menyampaikan informasi secara mendetail tentang prodi-prodi yang telah dimiliki oleh kampus STIT Sunan Giri Bima. Informasi ini, disamping disampaikan secara verbal, panitia juga menyiapkan perangkat lain berupa brosur, kalender duduk dan spanduk. Brosur dibagikan ke setiap guru dan calon mahasiswa , kalender duduk dibagikan ke setiap sekolah dan spanduk di pasang di setiap sekolah yang telah ditentukan oleh panitia, yaitu sekolah-sekolah yang jumlah siswanya banyak dan sekolah-sekolah yang akan menjadi tempat Ujian Nasional. Untuk peminat-peminat yang tinggal di luar pulau seperti Labuan bajo, panitia mengirim brosur via pos kepada alumni di sana agar digandakan dan disebarkan ke sekolah-sekolah yang membutuhkan informasi.
Langkah ketiga dengan mengefektifkan kinerja BEM dan DPM. Sebagai salah satu organ kampus, BEM dan DPM juga patut dilibatkan dalam pengembangan kampus ini. Mereka diharapkan dapat merancang kegiatan yang menarik untuk konsumsi publik khususnya siswa-siswi MA dan SMA. Bisa saja kegiatan itu berupa seminar, MTQ, lomba tulis karya ilmiah, lomba kaligrafi, lomba pidato, lomba membuat kerajinan tangan atau kegiatan menarik lainnya. Diharapkan dengan diadakannya kegiatan seperti ini, siswa-siswi dapat mengenal sejak awal kampus hijau ini sehingga nantinya mereka tertarik untuk kuliah disini.
Langkah berikutnya, memberdayakan mahasiswa aktif dan mahasiswa PPL. Mahasiswa aktif punya andil besar dalam menginformasikan kampus ke keluarga, tetangga atau adik-adik kelasnya dulu ketika MA/SMA. Dari informasi yang mereka sampaikan diharapkan banyak calon mahasiswa yang berminat kuliah disini. Begitu juga peran strategis mahasiswa yang sedang PPL di MA/SMA sangat ditunggu. Sengaja kampus menempatkan mahasiswa PPL di sekolah MA/SMA adalah dalam rangka memperlihatkan kemampuan mengajar  mahasiswa STIT kepada siswa-siswi tersebut, sehingga mereka tergerak hatinya untuk menentukan kuliah di STIT Sunan Giri Bima.
Semoga usaha-usaha yang dilakukan oleh lembaga dan panitia penerimaan mahasiswa baru tahun ini, berbuah manis dengan banyaknya calon mahasiswa baru yang mendaftar di kampus hijau tercinta ini. Aminnn.
Wallahu a’lam
Kota Bima, 14 Februari 2015

Leave a Reply