BEM STIT: Adakan Pelatihan Jurnalistik

BEM STIT: Adakan Pelatihan Jurnalistik

Category : Kronik

Selasa, 19 Mei 2015 ketua BEM STIT Sunan Giri Bima Superwadin, mendatangi saya menginformasikan bahwa ada tawaran dari MJC (Mbojo Jurnalism Club) untuk kerjasama mengadakan pelatihan Jurnalistik. Pemateri dan spanduknya MJC yang siapkan sementara kita hanya menyiapkan tempat, peserta dan konsumsi sealakadarnya. Mendengar informasi tersebut, saya langsung setuju.
Saya minta kepadanya untuk segera mempersiapkan surat dan perkiraan kebutuhan dana untuk kegiatan tersebut. Jelaskan juga hari/waktu pelaksanaan dan jumlah pesertanya. Insya Allah ketua dan unsur pimpinan akan menyambutnya dengan senang hati. Tambah saya.

Rabu, 20 Mei 2015, Ketua BEM datang lagi menemui saya dengan menyodorkan amplop yang berisi surat tentang pelaksanaan kegiatan pelatihan Jurnalistik. Setelah saya baca, saya minta kepadanya untuk mengkonsultasi dengan Puket II dan Puket III. Dari hasil konsultasi dengan pak Ketua dan unsur pimpinan tersebut disepakati bahwa lembaga pada prinsipnya mengijinkan kegiatan ini dilaksanakan pada hari Kamis, 21 Mei 2015 dengan dukungan dana sesuai kebutuhan. 
Kegiatan pelatihan jurnalistik ini bertema; “Menulis, Melukis Peradabanâ€�, diikuti tidak kurang 50 orang mahasiswa. Kegiatan dimulai pukul 10.00 Wib. yang dibuka oleh Puket II Drs. H. M. Saleh Ishaka. Dalam kata pengantarnya, beliau menegaskan bahwa lembaga sangat mengapresiasi setiap kegiatan mahasiswa yang bersifat positif dan membangun. Pelatihan jurnalistik ini adalah salah satu kegiatan yang membangun kreatifitas mahasiswa dalam hal tulis menulis. Ungkapnya.  
Baginya, mahasiswa selain bisa mendengar dan membaca, maka kemampuan menulis pun harus dipupuk. Menulis apa saja walaupun sedikit. Menulis harus dimulai dan harus dibiasakan, Sambungnya. Memang menulis tidak butuh teori yang banyak, praklek yang banyaklah yang diutamakan. Oleh sebab itu, beliau mengharapkan agar peserta yang berpartisipasi dalam kegiatan kali ini diharapkan untuk mengikutinya sampai akhir. 
Panitia mengagendakan kegiatan kali ini dengan beberapa materi diantaranya; pengenalan dengan jurnalistik, tekhnik wawancara dan tekhnik menulis berita. Kegiatan ini berjalan cukup lancar dan cukup dialogis karena nara sumber memberikan ruang yang cukup kepada peserta untuk bertanya seputar materi tersebut. Salah seorang pemateri Ady Supriadin berjanji bahwa kegiatan serupa akan diagendakan di kampus STIT ini pada bulan ramadhan yang akan datang.    
Wallau a’lam
Kota Bima, 22 Mei 2015

Leave a Reply