Menjalin Networking melalui Perpustakaan

Menjalin Networking melalui Perpustakaan

Category : Kronik

Perguruan Tinggi yang baik adalah perguruan Tinggi yang memperbanyak jejaring dengan pihak lain, karena tidak mungkin perguruan Tinggi itu bisa eksis dan berkembang jika tidak menjalin hubungan baik dengan lembaga lainnya.

Ukuran maju dan berkembangnya suatu perguruan Tinggi salah satu faktornya adalah ketersediaan buku perpustakaan yang memadai untuk mengakses ilmu pengetahuan. Oleh karena itu, ketersediaan buku di perpustakaan menjadi perhatian penting, disamping perhatian terhadap kegiatan-kegiatan lainnya.

Upaya-upaya cerdas untuk memenuhi kebutuhan ketersediaan buku harus segera dilakukan walaupun dengan dana yang cukup besar. Bisa jadi realisasinya dengan cara pengadaan secara bertahap, sedikit demi sedikit tapi konsisten. Apalagi belum lama ini perpustakaan kampus terkena bencana banjir sehingga sebagian bukunya banyak yang hancur.

Dalam kondisi yang demikian, tanpa diduga, hari ini, 29 Oktober 2018,  kampus STIT Sunan Giri Bima, kedatangan tamu dari pejabat dan pegawai kantor perpustakaan dan arsip daerah kota Bima yang menawarkan kerjasama terkait peningkatan kualitas dan kuantitas mutu layanan perpustakaan sebagai penyedia layanan literasi yang berbeda di kota Bima.

Selain itu, ada beberapa poin penting yang masih kami pertimbangkan untuk ditindaklanjuti dalam bentuk kerjasama yang diikat dalam sebuah MoU antara pihak kantor perpustakaan dengan kampus STIT Sunan Giri Bima.

Disatu sisi, kerjasama tersebut menguntungkan pihak perpustakaan sebagai penyedia layanan karena semakin banyak mahasiswa yang menjadi anggota dan memanfaatkan fasilitas perpustakaan tersebut maka akan semakin baik fasilitas yang bisa disediakan. Disisi lain, hal ini menguntungkan pihak kampus karena dengan adanya kerjasama tersebut, perpustakaan dapat menyediakan referensi primer maupun sekunder yang dibutuhkan oleh mahasiswa dalam penyusunan dan penyelesaian tugas-tugas perkuliahannya meskipun sifatnya dalam bentuk pinjaman atau titipan referensi.

Selain 2 poin di atas tentunya masih banyak keuntungan lainnya yang patut untuk diapresiasi dalam rencana kerjasama yang akan kami bangun tersebut.

Semoga ikhtiar ini berguna untuk terus memajukan dan meningkatkan layanan akademik bagi para mahasiswa agar mereka mendapatkan ilmu yang cukup sebagai bekal pengembangan keilmuan mereka.


Leave a Reply