Uma Lengge Panda

Uma Lengge Panda

Category : Sejarah Tanah Bima

Salah satu bentuk rumah yang dimiliki oleh masyarakat Bima zaman dulu adalah Uma Lengge. Uma Lengge ini, saat ini dapat ditemukan di tiga kecamatan di Wilayah kabupaten Bima, yaitu di desa Maria Kecamatan Wawo, desa Sambori Kecamatan Lambitu dan Dusun Mbawa Desa Mbawa Kecamatan Donggo.

Di Desa Maria, masih ditemukan banyak Uma Lengge termasuk Jompa (tempat penyimpanan padi) yang berlokasi di satu tempat dalam kondisi baik. Sementara di Desa Sambori dan Dusun Mbawa masing-masing tersisa satu Uma Lengge.

Salah seorang warga Sambori ketika dimintai pandangannya tentang Uma Lengge mengatakan bahwa masyarakat Sambori mengikuti perkembangan zaman dalam hal bentuk rumah Uma Lengge diganti dengan bentuk yang baru sebagaimana yang umum ada di daerah Bima.

Untuk melestarikan dan memoderasi bentuk Uma Lengge tersebut, pemerintah kabupaten membangun beberapa Uma Lengge permanen secara berjejer di Taman Panda Kecamatan Palibelo Kabupaten Bima.

Saat ini, Uma Lengge tersebut menjadi ikon baru obyek wisata budaya yang sangat ramai dikunjungi oleh masyarakat, lebih-lebih hari Sabtu dan Minggu. Banyak motor dan mobil yang parkir di pinggi jalan. Mereka ada yang datang dari kota Bima, kabupaten Bima, kabupaten Dompu, kabupaten Sumbawa bahkan masyarakat pulau Lombok yang sedang berkunjung di Bima.

Mereka menggunakan kesempatan untuk melakukan foto selvi bersama keluarga di hadapan Uma Lengge dan duduk-duduk santai di atasnya untuk sekedar menghilangkan penat sambil menikmati pemandangan laut dan pemandangan pegunungan Donggo dan Soromandi yang menjulang di arah barat.

Mudah-mudahan ikon baru Uma Lengge Taman Panda ini dapat dirawat dengan baik oleh pemerintah, lebih-lebih oleh warga masyarakat sehingga terlihat bersih, rapi, nyaman dan aman sehingga dapat bertahan lama. Wallahu a’lam.

Bima, 30 Maret 2019


Leave a Reply